Ada beberapa alasan mengapa
seseorang bertanya saat berada di kelas kuliah.
1. Karena memang benar benar tidak tahu materi yang diajarkan
Pada kasus ini,
mahasiswa merasa ada bagian tertentu yang belum bisa dipahami sehingga butuh
penjelasan lebih lanjut tentang materi tersebut.
2. Menyamakan persepsi
Mahasiswa sudah
memiliki dasar pengetahuan tentang sebuah materi , dan ingin menyamakan
pemahamannya dengan pemateri. Tujuannya adalah agar materi itu bisa dipahami
dengan maksud yang sama, atau tidak terjadi multitafsir.
3. Bertanya untuk menguji batas pengetahuan si pemateri
Sebenarnya tipe
ke-3 ini tidak baik untuk dicontoh karena memberi kesan memburu pemateri
sampai batas pengetahuan. Apakah itu dalam
seminar ataupun presentasi kuliah (biasanya yang presentasi adalah teman kelas).
Beberapa manfaat yang bisa didapat saat kita mengajukan
pertanyaan di kelas kuliah :
1. Mendapat penjelasan tambahan dari dosen
Jika kita
mengajukan pertanyaan saat kuliah, hal yang belum kita pahami bisa menjadi
lebih jelas dengan adanya tambahan uraian dari dosen.
2. Membantu teman yang semula tidak paham
Teman yang semula
kurang paham akan suatu pokok bahasan bisa mengerti materi tersebut dengan
adanya pertanyaan. Disamping itu juga bisa membantu teman yang tidak berani
mengajukan pertanyaan.
3. Bertanya bisa meningkatkan nilaimu dihadapan siswa lain
Orang yang sering
bertanya biasanya dianggaplebih banyak tau tentang hal yang ditanyakan. Tapi
jangan asal bertanya karena orang akan menganggap caper (cari perhatian). Biasanya
dosen juga senang dengan mahasiswa yang bertanya karena itu adalah salah satu
indikator antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kuliahnya.
Tapi, sebelum bertanya ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan:
1. Persiapan materi
Sebelum
mengajukan pertanyaan, kita harus punya basic
agar pertanyaan itu tidak ngambang , tapi fokus pada hal tertentu
dan berkaitan dengan materi yang diajarkan atau yang dipresentasikan. Caranya
adalah dengan mempelajarikembali materisebelumnya, atau mempelajarimateri
yangakan diajarkan pada hari itu.
2. Sikap saat bertanya
Sikap atau teknik
bertanya sangat penting untuk diperhatikan agar pemateri tidak merasa
tersinggung, diserang, atau disudutkan. Salah satu caranya misalnya menggunakan
kata”mohon “ atau “tolong”. Jika terkesan menyudutkan, bisa-bisa kita di-blacklist oleh pemateri di acara
selanjutnya.
3. Berdiri, dan artikulasi
Sebelum bertanya,
usahakan berdiri dan mengambil napas panjang,ucapkan dengan jelas, tapi jangan
terburu-buru (ciri-ciriorang nervous:hal
ini sering terjadi jika belum terbiasa bertanya) agar pemateri dan teman-teman
di kelas bisa mendengar dengan jelas.
4. Bertanya saat diberi kesempatan
Pemateri (dosen)
yang seperti ini adalah pemateri yang baik dan benar. Baik karena memberi
kesempatan untuk bertanya, dan benar karena memang semestinya pemateri berlaku
demikian. Kesempatan ke-2 adalah saat kuliah hampir selesai. Tanda-tandanya:
pemateri membereskan kertas, mematikan laptop atau OHP(Overhead Projector).
Inspirasi dari
fenomena sekitar.
Rujukan:
Irkham,A.M. 2010.24 Cara Mendongkrak IPK.Pro You, Yogyakarta.
“Niatkanlah pertanyaan itu untuk kebaikan.”
by Eka Putri Amdela, Pemuliaan Tanaman 2011.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar