Minggu, 12 Agustus 2012

Bertanya Saat Kuliah


Ada beberapa alasan mengapa seseorang bertanya saat berada di kelas kuliah.

1.  Karena memang benar benar tidak tahu materi yang diajarkan
Pada kasus ini, mahasiswa merasa ada bagian tertentu yang belum bisa dipahami sehingga butuh penjelasan lebih lanjut tentang materi tersebut.
2. Menyamakan persepsi
Mahasiswa sudah memiliki dasar pengetahuan tentang sebuah materi , dan ingin menyamakan pemahamannya dengan pemateri. Tujuannya adalah agar materi itu bisa dipahami dengan maksud yang sama, atau tidak terjadi multitafsir.
3. Bertanya untuk menguji batas pengetahuan si pemateri
Sebenarnya tipe ke-3 ini tidak baik untuk dicontoh karena memberi kesan memburu pemateri sampai  batas pengetahuan. Apakah itu dalam seminar ataupun presentasi kuliah (biasanya yang presentasi adalah teman kelas).

Beberapa manfaat yang bisa didapat saat kita mengajukan pertanyaan di kelas kuliah :

1. Mendapat penjelasan tambahan dari dosen
Jika kita mengajukan pertanyaan saat kuliah, hal yang belum kita pahami bisa menjadi lebih jelas dengan adanya tambahan uraian dari dosen.
2. Membantu teman yang semula tidak paham
Teman yang semula kurang paham akan suatu pokok bahasan bisa mengerti materi tersebut dengan adanya pertanyaan. Disamping itu juga bisa membantu teman yang tidak berani mengajukan pertanyaan.
3. Bertanya bisa meningkatkan nilaimu dihadapan siswa lain
Orang yang sering bertanya biasanya dianggaplebih banyak tau tentang hal yang ditanyakan. Tapi jangan asal bertanya karena orang akan menganggap caper (cari perhatian). Biasanya dosen juga senang dengan mahasiswa yang bertanya karena itu adalah salah satu indikator antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kuliahnya.

Tapi, sebelum bertanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1.  Persiapan materi
Sebelum mengajukan pertanyaan, kita harus punya basic  agar pertanyaan itu tidak ngambang , tapi fokus pada hal tertentu dan berkaitan dengan materi yang diajarkan atau yang dipresentasikan. Caranya adalah dengan mempelajarikembali materisebelumnya, atau mempelajarimateri yangakan diajarkan pada hari itu.
2. Sikap saat bertanya
Sikap atau teknik bertanya sangat penting untuk diperhatikan agar pemateri tidak merasa tersinggung, diserang, atau disudutkan. Salah satu caranya misalnya menggunakan kata”mohon “ atau “tolong”. Jika terkesan menyudutkan, bisa-bisa kita di-blacklist oleh pemateri di acara selanjutnya.
3. Berdiri, dan artikulasi
Sebelum bertanya, usahakan berdiri dan mengambil napas panjang,ucapkan dengan jelas, tapi jangan terburu-buru (ciri-ciriorang nervous:hal ini sering terjadi jika belum terbiasa bertanya) agar pemateri dan teman-teman di kelas bisa mendengar dengan jelas.
4. Bertanya saat diberi kesempatan
Pemateri (dosen) yang seperti ini adalah pemateri yang baik dan benar. Baik karena memberi kesempatan untuk bertanya, dan benar karena memang semestinya pemateri berlaku demikian. Kesempatan ke-2 adalah saat kuliah hampir selesai. Tanda-tandanya: pemateri membereskan kertas, mematikan laptop atau OHP(Overhead Projector).
Inspirasi dari fenomena sekitar.

Rujukan: Irkham,A.M. 2010.24 Cara Mendongkrak IPK.Pro You, Yogyakarta.

“Niatkanlah pertanyaan itu untuk kebaikan.” 
by Eka Putri Amdela, Pemuliaan Tanaman 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar